Rabu, 13 Maret 2013

Candi Sambisari - Temuan Petani menguak bukti Sejarah

,
Kraeng Francisco Real Madrid
Struktur bangunan menyerupai Piramid

Candi Sambisari terletak di Desa Sambisari, Kalasan, Sleman, sekitar 12 km dari pusat kota Yogyakarta, Candi Sambisari merupakan situs peninggalan Hindu dari abad ke-10 yang berbeda dari candi-candi di tanah Jawa pada umumnya.Menurut Prasasti Wanua Tengah III, Candi Sambisari dibangun oleh Rakai Garung, seorang raja dinasti Sanjaya dari Kerajaan Mataram Kuno.

Kraeng Francisco Real Madrid
Lingga dan Yoni
Sempat terkubur oleh material letusan Gunung Merapi pada 1906, seorang petani setempat bernama Karyowinangun menemukan kembali candi ini pada Juni 1966.Kompleks ini memiliki sebuah candi utama dan tiga candi perwara atau pendamping. 
Di dalam candi utama terdapat lingga yoni sebagai lambang pemujaan Dewa Siwa. Pada candi tersebut juga ditemui arca Dewi Durga, Ganesha, dan Agastya, serta hewan-hewan dalam mitologi Hindu. Bentuk lingga yoni pada bilik candi utama yang menunjukkan situs ini sebagai situs pemujaan Dewa Siwa dalam kepercayaan Hindu. Lingga Yoni berukuran sekitar 1 meter itu digunakan untuk membuat air suci, di mana air yang diguyurkan pada lingga dan mengalir melalui yoni akan dipakai sebagai bagian ritus Hindu.

Kraeng Francisco Real Madrid

Berbeda dari kebanyakan candi di Jawa, candi utama Sambisari tidak mempunyai alas sehingga bangunannya sejajar dengan tanah. Nilai arsitekturnya pun konon tergolong tinggi. Selain itu, candi ini seolah terkubur dalam tanah karena letaknya yag lebih rendah dari kawasan sekitarnya. Dari gerbang masuk ke kompleks wisata ini pun hanya dapat disaksikan puncak candi. Ketika mendekat, baru dapat dilihat bangunan situs ini secara lengkap.

Bila anda berkunjung dan telah puas menikmati keindahan candi, anda bisa menuju ke ruang informasi. Beberapa foto yang menggambarkan lingkungan sawah Karyowinangun sebelum digali dan kondisi awal candi ketika ditemukan bisa ditemui. Ada pula foto-foto tentang proses penggalian dan rekonstruksi candi yang berjalan puluhan tahun, termasuk foto benda-benda lain yang ditemukan selama penggalian, berupa arca dari perunggu yang kini disimpan di Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala.

Keindahan Candi Sambisari yang kini bisa kita nikmati merupakan hasil kerja keras para arkeolog selama 21 tahun. Candi yang semula mirip puzzle raksasa, sepotong demi sepotong disusun kembali demi lestarinya satu lagi warisan kebudayaan agung di masa silam ( Sumber : Yogyes.com )

Alamat : Kalasan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia
Koordinat GPS : S7°45'44.9" E110°26'48.7"

0 komentar to “Candi Sambisari - Temuan Petani menguak bukti Sejarah”

Posting Komentar

 

Wisata Candi Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates