Senin, 18 Maret 2013

Candi Gampingan - Menyimpan makna keselarasan Alam

,
Situs Candi Gampingan
       Situs ini berada sekitar satu kilometer selatan perempatan Sampaan (Jl. Sitimulyo, Piyungan, lalu ke barat masuk jalan kecil beraspal), tepatnya berada di Dusun Gampingan, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. Di sekitar situs terdapat struktur batuan yang berada di antara sawah. Candi Induk berada di sebelah timur struktur, yang saat ditemukan terdapat arca dan tinggalan lain. Berbeda dari candi lain yang ada di Kabupaten Bantul, yang biasanya berlatar belakang Hindu, Situs Candi Gampingan berlatar belakang Buddha. Hal tersebut berdasarkan arca yang ditemukan. Situs Candi Gampingan menunjukkan ciri abad 9 M berdasarkan gaya seni bangunan dan arca. Arca dan tinggalan tersebut, saat ini disimpan di BP3 DIY. Relief yang terdapat pada dinding candi induk berupa relief hewan seperti katak dan burung.

Candi Gampingan yang kini hanya menyisakan pondasinya saja
         Candi Gampingan pertama kali ditemukan oleh Bapak Sarjono ketika akan menggali tanah untuk pembuatan batu bata, pada tahun 1995. Area di sekitar situs berupa persawahan dan rumah penduduk. Kondisi Situs Candi Gampingan cukup terawat. Selamat menikmati keindahan masa lalu di Situs Candi Gampingan, di kompleks candi gampingan ditemukan 7 bangunan yang terbuat dari batu putih, di bagian candi induk candi gampingan terdapat beberapa relief hewan yang antara lain berupa relief hewan unggas yaitu burung pelatuk, burung gagak, dan ayam jantan. di bagian tubuh candi juga masih terlihat bagian sumuran candinya.

Candi perwara yang kini hanya menyisakan pondasinya saja
Kanan dan kirinya candi induk terdapat 3 buah candi perwara yang semuanya kini hanya menyisakan bagian pondasinya saja. bahkan 1 diantara 3 candi perwara tersebut setengah bagian tubuhnya masih tertimbun tanah. di belakang candi terdapat batu candi yang di tumpuk-tumpung,

Susunan batu candi yang sudah tidak bisa disusun lagi
Kemungkinan batu ini berasal dari candi gampingan namun lantaran banyak batu yang hilang, maka menyulitkan untuk bisa di rekonstruksi kembali. saat di temukan pertama kali, di candi ini di temukan arca Dhyani Buddhawairocana yang terbuat dari perunggu, dua buah arca Jambhala dan Candralokesvara dari batu andesit, benda-benda dari emas, dan beberapa benda-benda keramik. yang kini telah di amankan oleh BP3. 
Arca
Arca
Arca
Arca
       Candi ini sendiri terdapat di kedalaman 2 meteran di bawah tanah.di luar pagar candi gampingan, tepatnya di sebuah tengah sawah warga terdapat sebuah batu candi yang menyerupai sebuah sumuran candi, kemungkinan masih 1 kompleks dengan candi gampingan, namun tentang keterlanjutan benda apa tersebut, masih belum terealisasikan, sebab pembebasan tanah tersebut masih terganjal uang sewa yang mahal dan warga juga ga mengibahkan begitu saja. (Sumber :Nyariwatu.blogspot.com)

Alamat : Piyungan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia
Koordinat GPS : S7°50'7.2" E110°26'11.9"

0 komentar to “Candi Gampingan - Menyimpan makna keselarasan Alam”

Posting Komentar

 

Wisata Candi Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates